WahidiyahDemak.com - Bulan maulid merupakan bulan dimana kekasih Allah SWT dilahirkan yaitu Nabi besar Muhammad Sholallohu 'Alaihi Wasallam.

Tidak lama lagi kita akan jumpa bulan Maulid yang mana pada setiap orang muslim di seluruh bumi ini senantiasa menghormati kelahiran beliau Nabi Muhammad Sholallohu 'Alaihi Wasallam.

Maulid Nabi 2022 Sholallohu 'Alaihi Wasallam


Pada bulan Maulid Nabi Sholallohu 'Alaihi Wasallam kita sebagai umat muslim di anjurkan senantiasa memperbanyak membaca sholawat kepada beliau Nabi Muhammad Sholallohu 'Alaihi Wasallam.

Kapan Maulid Nabi Muhammad Sholallohu Alaihi Wasallam 2022? Jangan lupa Catat Tanggalnya
Kapan Maulid Nabi Muhammad Sholallohu Alaihi Wasallam 2022? Jangan lupa Catat Tanggalnya/pixabay

Dalam Bulan maulid sering juga diadakan pengajian umum dalam rangka peringatan bulan Maulid Nabi Muhammad SAW, membaca Dzibaiyyah / Barzanji biasanya dimulai tanggal 1 Robi'ul Awwal hingga 12 Rabi'ul Awwal.

Namun di Indonesia ini ada berbagai metode untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW sesuai tradisi daerahnya masing-masing. semua itu tidak menjadi masalah, ini menunjukkan bukti besar cinta kita kepada Nabi Muhammad Sholallohu 'Alaihi Wasallam.

Mengulas sedikit sejarah singkat kapan Nabi Muhammad SAW dilahirkan


Ayah Beliau Nabi Muhammad SAW yaitu Abdullah bin Abdil Muth-thallib menikah dengan Siti Aminah binti Wahb pada usia 18 tahun, tidak lama lagi Ayah beliau meninggal dunia saat beliau masih dalam kandungan ibunya, umur ayah beliau 18 tahun di makamkan di Madinah. 

Nabi Muhammad SAW di lahirkan di Makkah pada hari Senin tanggal 12 Rabi'ul Awwal Bertepatan pada tanggal 20 April 571 M, tahun gajah. 

Dinamakan tahun kelahiran beliau itu tahun Gajah, karena pada saat kelahiran beliau Raja Habasyah mengirim balatentara ke Makkah untuk membinasakan Ka'bah dan dalam pasukan itu ada banyak gajah. Lalu Allah SWT membinasakan pasukan tentara itu sebagai suatu penghormatan kepada kelahiran beliau Nabi Muhammad Sholallohu 'Alaihi Wasallam.

Ibu Nabi Muhammad SAW meninggal dunia, ketika Nabi berumur 6 tahun tatkala ia kembali dari Madinah. Di makamkan di Abwaa' satu desa antara Makkah dan Madinah.

Pada tahun ini bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW jatuh pada Hari Sabtu tanggal 8 Oktober 2022 M / 12 Rabi'ul Awwal 1444 H dan ditetapkan sebagai Hari libur Nasional Tahun 2022.

Sekian ulasan sedikit tentang sejarah kelahiran Nabi, terima kasih.***

Sumber : Berbagai Sumber
Editor : Zainuri

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama