Mujahadah Usbu'iyah Wahidiyah - Mujahadah atau Doa Bersama yang sudah biasa dilakukan berjama'ah se tiap seminggu sekali oleh Pengamal Wahidiyah se desa, kelurahan, atau lingkungan. Penyelenggara/ penanggung-jawabnya adalah Pengurus PSW Desa/Kelurahan, begitu juga PSW Desa Se Kabupaten Demak.

Pengertian Mujahadah Usbu'iyah 


Mujahadah Usbu’iyah adalah mujahadah yang dilaksanakan secara berjama’ah tiap seminggu sekali oleh Pengamal Wahidiyah se desa, kelurahan, atau lingkungan. Penyelenggara/ penanggung-jawabnya adalah Pengurus PSW Desa/Kelurahan. 

Jadwal Mujahadah Usbuiyah Se Bagian Di Wilayah Kab. Demak 2021


Di desa, kampung, atau lingkungan yang sudah ada pengamal Wahidiyahnya sekalipun hanya beberapa orang/keluarga supaya mengadakan Mujahadah Usbu’iyah sendiri. Tidak hanya bergabung dengan desa/kampung lainnya.

Tempat Mujahadah Usbu’iyah


Tempat Mujahadah Usbu’iyah boleh menetap di suatu tempat, akan tetapi lebih dianjurkan berpindah - pindah dari rumah ke rumah. Antara lain seperti sabda Rosululloh Sholallohu 'Alaihi Wasallam :

زَيِّنُوْا مَجَالِسَكُمْ بالصَّلاَةِ عَلَيَّ فَإِنَّ صَلاَتَكُمْ عَلَيَّ نُوْرٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ (رَوَاهُ الدَّيْلَمِيُّ في مُسْنَدِ الْفِرْدَوْسِ عَنِ ابْنِ عُمَرَ رضى الله عنه).

Artinya : “Hiasilah ruang tempat duduk kamu sekalian dengan bacaan sholawat kepadaku, maka sesungguhnya bacaan sholawat kalian kepadaku itu menjadi cahaya pada hari qiyamat” (HR. Dailami dalam Musnadil-Firdaus, dari Ibnu Umar RA."

Berangkat menuju tempat Mujahadah Usbu’iyah sayogjanya bersama-sama dengan teman lain. Sehingga saling menyinggahi (Jawa : ngampiri) satu sama lain.

Jika situasi mengizinkan supaya diadakan sendiri - sendiri : 

  • Mujahadah Usbu’iyah kaum bapak,
  • Mujahadah Usbu’iyah kaum ibu,
  • Mujahadah Usbu’iyah remaja dan 
  • Mujahadah Usbu’iyah kanak-kanak

Jika belum mungkin usahakan seluruh pengamal Wahidiyah desa, sekampung, atau lingkungan, baik kaum bapak, ibu, remaja, dan kanak-kanak mengikuti Mujahadah Usbu’iyah bersama-sama. 

Persiapan Sebelum Mujahadah Usbu'iyah 


Sebelum pelaksanaan Mujahadah Usbu’iyah supaya diadakan persiapan lahir batin sebaik-baiknya.

Imam Mujahadah Usbu’iyah supaya bergilir dari kalangan pengamal Wahidiyah se-desa, se-kampung, atau lingkungan, baik pria, wanita, remaja dan kanak-kanak.

Aurod Mujahadah Usbu’iyah


Aurod Mujahadah Usbu’iyah seharusnya menggunakan bilangan 7– 17 atau mengguna-kan Aurod Mujahadah lain dengan ketentuan disepakati seluruh jama’ah, atau ada ketentuan lain dari DPP PSW.

Mujahadah Usbu’iyah tidak harus menghadap ke arah kiblat tetapi juga tidak dilarang. Lazimnya ber- muwajahah (saling berhadapan), dan Insya Alloh cara seperti ini ada sirri-sirri khusus dan banyak manfaatnya, antara lain bisa terjadi sorot-menyorot bathiniyah antara satu dengan yang lain.

Mujahadah berjamaah yang lazimnya menghadap ke arah qiblat antara lain; mujahadah sehabis sholat maktubah/sholat sunnat, atau mujahadah yang bertempat di masjid/musholla atau jika ada suatu kepentingan. Adapun mujahadah perorangan (sendirian) lebih utama jika menghadap ke arah qiblat, kecuali situasi tidak mengizinkan.

Yang sudah hadir lebih dahulu, sambil menunggu kehadiran yang lain supaya langsung “tasyafu’an” bersama-sama dengan adab yang sebaik-baiknya.

Susunan Acara Mujahadah Usbu'iyah


Jika Mujahadah sudah akan dimulai, tasyafu’an diakhiri dengan “Al-Faatihah” (membaca surat Fatihah bersama satu kali) atau membaca      “YAA SAYYIDII YAA ROSUULALLOOH” bersama -sama tiga kali, diteruskan dengan bacaan      “YAA AYYUHAL GHOUTSU SALAAMULLOOHI” (dilagukan satu kali, kemudian membaca  ”AL-FAATIHAH” satu kali. 

Selanjutnya pimpinan/ Imam jama’ah, wakilnya atau yang ditugasi,  segera memberitahukan dan mengajak  hadirin hadirot untuk segera memulai mujahadah dan mempersilahkan kepada petugas Imam Mujahadah yang telah ditentukan.

Contoh:  “Para hadirin hadirot ! Mujahadah Usbu’iyah ini mari segera kita mulai. Dan mari kita berusaha menerapkan LILLAH-BILLAH, LIRROSUL-BIRROSUL, LILGHOUTS-BILGHOUTS, Kepada yang bertugas sebagai Imam Mujahadah, Bapak/ Ibu / sdr………..…. disilahkan".

Urutan acara dalam Mujahadah Usbu’iyah :

  1. Tasyaffu’ dan Istighotsah;
  2. Mujahadah bilangan 7-17;
  3. Dianjurkan mengadakan pembacaan buku-buku Wahidiyah, atau lain-lain sesuai keperluan.
  4. Penutup / nidak.
  5. Pembaca buku-buku Wahidiyah atau lainnya dalam Mujahadah Usbu’iyah bisa dari lingkungan jama’ah sendiri atau lainnya. 
Pelaksanaan Mujahadah Usbu’iyah Kanak -Kanak, lihat buku “ TUNTUNAN MUJAHADAH UNTUK KANAK-KANAK ”.

Jadwal Mujahadah Usbuiyah Se Kab. Demak


Adapun Jadwal Mujahadah Usbuiyah di sebagian wilayah Kab. Demak pada tahun-ini sebagaimana berikut:

  • Bonang, Malam Jum’at Ba’da Isya’
  • Sidomulyo (K. Ma’sum S.), Malam Senin Ba’da Isya’
  • Turirejo, Malam Rabu Legi Ba’da Isya’
  • Karangrejo Wonosalam, Malam Jum’at Ba’da Isya’
  • Guntur, Malam Ahad Wage Ba’da Isya’
  • Usbuiyyah Sidomulyo, Malam Rabu Ba’da Isya’
  • Kedondong Gajah, Malam Rabu Ba’da Isya’
  • Wonosalam, Malam Selasa Ba’da Isya’
  • Brakas, Malam Senin Ba’da Isya’
  • Kebun Batur (Mranggen), Malam Rabu Ba’da Isya’
  • Sidomulyo (K. Sumali), Malam Kamis Ba’da Isya’
  • Pilang wetan, Malam Rabu Ba’da Isya’
  • Sidomulyo (K. Ali Munawar), Malam Jum’at Ba’da Isya’
  • Kedondong Demak, Malam Ahad Legi Ba’da Isya’
  • Kalianyar, Malam Ahad Ba’da Isya’
  • Surodadi, Malam Jum’at Ba’da Isya’
Selengkapnya Info dari DPC PSW Kabupaten demak yaitu:

Jadwal Mujahadah Usbuiyah Se Bagian Di Wilayah Kab. Demak 2021

Itulah sedikit informasi Jadwal Mujahadah Usbuiyah Se Bagian Di Wilayah Kab. Demak 2021 dan juga Penjelasan pelaksanaan Mujahadah usbu'iyah Wahidiyah, semoga bermanfaat. (Rosyid - Infokom PSW Demak)

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama