Gara-Gara Wahidiyah : Dari Sejarah Kita Bisa Melihat Masa Depan -->

Gara-Gara Wahidiyah : Dari Sejarah Kita Bisa Melihat Masa Depan

Tuesday, July 16, 2019

Ad1

Ad2

Gara-Gara Wahidiyah : Dari Sejarah Kita Bisa Melihat Masa Depan

Gara-Gara Wahidiyah : Dari Sejarah Kita Bisa Melihat Masa Depan - Sejarah seharusnya membuat kita Pengamal Wahidiyah belajar, membuat kita sadar tentang arah masa depan kita dan masa Depan Wahidiyah. Sejarah Wahidiyah seharusnya memberi kita sebagai pengamal Wahidiyah arah untuk menjadi lebih baik, lebih cerdas mengambil langkah di masa kini dan masa depan. Sejarah Wahidiyah seharusnya menjadi sumber motivasi bagi siapa saja yang mempelajarinya. Sebagimana sejarah pada umumnya sejarah begitu penting, sampai-sampai kitab suci Al-Qur’an, 75 % isinya adalah sejarah. Sayangnya, karena kepentingat sesaat, sejarah hanya menjadi alat untuk memperkuat kekuasaan. Akibatnya, tidak sedikit fakta-fakta yang diungkap tidah utuh. Ada yang ditutup-tutupi dan ada yang dimanipulasi, ya, ada banyak kepentingan yang bermain dalam penulisan Sejarah. Antara lain kepentingan politik, budaya, dan berbagai kepentingan lainnya. Sejarah kini juga kehilangan arah. Di sekolah, sejarah hanya menjadi hafalan da nama yang tidak memberi kekuatan apa-apa. Kini, saatnya kita mengembangkan historivasi.

Gara-Gara Wahidiyah : Dari Sejarah Kita Bisa Melihat Masa Depan
Gara-Gara Wahidiyah : Dari Sejarah Kita Bisa Melihat Masa Depan

Historivasi adalah salah satu paya untuk menjadikan sejarah sebagai sumber motivasi dan inspirasi. Kata historivasi sendiri berasal dari kata histori dan motivasi. Historivasi membuat sejarah bukan sekedar hafalan, bukan sekedar mengetahui urutan peristiwa, tapi lebih dari itu.  Begitu juga sejarah Wahidiyah bukan sekedar untuk dijadikan hafalan semata, bukan sekedar mengetahui sejarah wahidiyah ataupun urutan peristiwa dalam wahidiyah, tapi lebih dari itu.  

Historivasi memberi kesadaran pada kita untuk belajar dari masa lalu wahidiyah agar tahu bagaimana kita harus bersikap di masa kini dan nenetukan arah di masa depan wahidiyah. Belajar sejarah wahidiyah sesungguhnya bukan memepelajari masa lalu wahidiyah, tetapi masa depan wahidiyah. Dengan sejarah wahidiyah kita bisa melihat masa depan wahidiyah. 

Bisa kita lihat semisal Indonesia dari sudut pandangan perubahan Dunia sebagiamana berikut : 

Bangsa Indonesia punya banyak peran dalam sejarah dunia

Tidak hanya manusianya. Alam Indonesia juga banyak memengaruhi sejarah dunia

Banyak peristiwa besar dalam sejarah terjadi karena dipengaruhi oleh Indonesia

Amerika ditemukan salah satunya karena Indonesia

Amerika kalah perang di Vietnam salah satunya karena Indonesia

Kubilah Khan pasukannya kalah pertama kali di Indonesia

Napoleon Bonaparte kalah perang salah satunya karena Indonesia

Kumpulan fakta sejarrah ini hanyalah punya satu pesan :

KITA DIBERKAHI BANGSA DAN ALAM YANG PNYA POTENSI UNTUK MENGUBAH DUNIA

SEJARAH SUDAH MEMBUKTIKAN, KINI SAATNYA KITA BANGKIT UNTUK MENJADI BANGSA PEMBUAT SEJARAH, BUKAN SEKEDAR BAGIAN KECIL DARI SEJARAH ATAU KORBAN SEJARAH