Wahidiyahdemak.com - Diriwayatkan dari Abu Huroiroh R.A, Rosuululloh S.A.W bersabda "Telah datang kepadaku Malaikat Jibril pada malam nishfu sya’ban dan dia berkata : 

"Wahai Muhammad, pada malam ini dibuka pintu-pintu langit dan pintu-pintu rohmat, maka berdirilah kemudian sholatlah, tengadahkanlah kepalamu dan kedua tanganmu ke langit”. Kemudian aku (Muhammad) bertanya, "Wahai Jibril, Malam apakah ini?

Golongan Yang Tidak Mendapat Ampunan di Malam Nishfu Sya’ban

Jibrilpun menjawab : "Malam ini adalah malam terbukanya 300 pintu rohmat, Maka pada malam ini Alloh SWT. memberikan ampunan kepada semua hambanya kecuali :

1. Orang yang menyekutukan Alloh.

2. Tukang sihir.

3. Peramal

4. Orang yang bermusuhan dengan saudaranya.

5. Peminum khomr (pemabuk)

6. Orang yang berzina.

7. Orang yang memakan harta riba.

8. Orang yang durhaka kepada kedua orang tua.

9. Orang yang mengadu domba, dan 

10. Orang yang memutus tali silaturrohmi.

Maka sesungguhnya mereka semua tidak diampuni sampai mereka bertaubat”.

Kemudian Nabi Muhammad SAW keluar dan melakukan sholat, dan beliau menangis di dalam sujudnya seraya berdo’a :

 اللهم اني أعوذ بك من عقابك وسخطك ولا أحصى ثناء عليك أنت كما أثنيت على نفسك  فلك الحمد حتى ترضى

(Dzurrotun Nashihin hal 206)

Dari hadis di atas mari pada kesempatan malam nishfu sya’ban tahun ini kita memperbanyak taubat kepada Alloh SWT, memohon ampunan kepada Alloh SWT disertai dengan memperbanyak amalan-amalan kebaikan di malam nishfu sya’ban.

Seperti membaca surat yaasiin 3 kali, memperbanyak istigfar dan memperbanyak shodaqoh.

Amalan yang tidak kalah pentingnya pada malam nishfu sya’ban yaitu memperbanyak membaca sholawa, karena di bulan sya’ban ini Alloh SWT menurunkan ayat tentang perintah membaca Sholawat kepada beliau Rosuulillaahi SAW. 

Dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik R.A, Dari Rosuulullohi SAW, sesungguhnya Nabi bersabda : 

"Sesungguhnya Alloh SWT menciptakan lautan dari cahaya dibawah ‘arsy, kemudian Alloh menciptakan malaikat yang mempunyai dua sayap, yang mana bila dibentangkan, sayap itu sampai pada dunia ujung timur dan ujung barat, kepalanya sampai dibawah Arsy dan kakinya sampai bumi lapis ke tujuh. 

Maka ketika ada seorang hamba membaca sholawat kepadaku di bulan sya’ban, Alloh memerintahkan malaikat itu untuk masuk ke air lautan dari cahaya itu. 

Kemudian malaikat itupun masuk, dan setelah keluar malaikat itu mengepakkan kedua sayapnya, dari kepakkan sayap itu meneteslah air-air dari bulu-bulunya, lalu dari tiap tetesan itu Alloh ciptakan Malaikat yang senantiasa memohonkan ampunan untuk hamba yang membaca sholawat tadi sampai hari qiyamat”.

Untuk itu, khusunya kita para pengamal Sholawat Wahidiyah, mari kita perbanyak mujahadah-mujahadah kita di malam nishfu sya’ban ini.

Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang mendapatkan ampunan di malam nishfu sya’ban tahun ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama